Tuesday 23 October 2012

An Amazing Him

Sumber: wallchan.com

"Kalo km udah sukses, jangan lupain guru SD-mu. Usia SD adl saat dmn mimpi mulai dibangun. Tanpa mereka, km bukan apa2." -@WOWkonyol, 23 Okt 2012

Melihat twit tersebut malam ini tentang guru SD, tiba-tiba keinget aja sama wali kelas terlama saya selama di SD dulu. Kenapa lama? Karena beliau jadi wali kelas selama 2 tahun, dibanding yang lain yang cuma 1 tahun, entah anak-anak kelas kami yang meminta, atau itu memang kebijakan dari sekolah entah karena alasan apa. Yang jelas, kami sekelas seneng buanget!!

Wali kelas 4 dan 5 SD saya ini dulu bikin murid-muridnya terkagum-kagum. Selain beliau keren karena penampilannya sederhana, sabar & ga pernah marah, beliau tahu gimana caranya membuat muridnya tertarik & senang untuk belajar lagi, lagi & lagi. Satu cara beliau supaya kami senang berlomba-lomba membaca yaitu membuat 4 grup untuk bermain kuis tanya jawab setiap sebelum lonceng pulang berdentang (soalnya di dalam kelas itu ada 4 baris tempat duduk yang memanjang ke belakang). Nama grupnya nama klub sepakbola yang waktu itu sedang in. Ada Juventus, AC Milan, Inter Milan (ini grup di mana saya berada, makanya sampe sekarang seneng sama Inter walaupun hampir ga pernah nonton pertandingannya :p), 1 grup lagi lupa saya namanya entah Liverpool, Arsenal, atau klub dari negara lain.

Pertanyaan dimulai dari grup paling deket dinding. Tiap pertanyaan yang bisa dijawab, dapat nilai 100 untuk grup itu. Kalo ga bisa jawab?? Pertanyaannya dilempar ke grup di sebelahnya. Kalo jawabannya salah?? Tetep dilempar ke grup tetangga :D Begitu seterusnya. Terkadang ada pertanyaan bonus yang levelnya dewa (biasanya yang bisa jawab itu anak yang ranking-ranking atas contohnya saya #Wueeek :p) & kalo bisa jawab?? Jadi nambah poin sebanyak 300, lumayan kaaan. Tabel yang isinya nilai masing-masing grup ga pernah dihapus & dibiarkan tetap ada di sisi kiri papan tulis, jadi besok & besoknya lagi kuis bisa dilanjutkan sampai ...?? Saya kurang tau ^^i Sepertinya sampai wali kelas kami diganti & bukan beliau lagi. Kalo bapaknya lupa, sering kami bujuk-bujuk untuk main kuis. Kadang beliau ga beri kuis karena belum buat soal :p Soal yang dilontarkan juga dari macam-macam pelajaran. Matematika, untung teman saya ada yang jago ngitung di luar kepala (pikiran waktu itu: hebat euyyy >_<). IPA, pelajaran favorit saya #Merdeka ^^ :p Hadiahnya? Lupaaa. Apa ya? Ada koq, yang jelas sangat menggiurkan. Entah permen, coklat, lupa ^^i

Naaah sekarang keberadaan beliau belum berhasil aku ketahui lagi. Belakangan beliau jadi wali kelas di sebuah SMP. Tapi tapi tapi... itu udah lama & teman-teman sekelas saya juga ga tau kabar beliau lagi (.___.) Hufff~ Kapan ya bisa ketemu beliau lagi buat cium tangan & ngucapin "terima kasih"?? Beliau adalah salah 1 guru yang berkesan yang pernah saya jumpai. Karena beliau, belakar itu menyenangkan & rasanya ga ada benan karena seruuu! Ya Allah, tolong pertemukan kami, suatu hari nanti, kapanpun itu T.T

Berkat beliau, saya suka & pengen jadi guru SD, walaupun ga kesampaian. Semoga suatu saat nanti saya dapat kesempatan untuk menjadi guru. Minimal guru SD lah :p Guru SMP, SMA, atau bahkan dosen di kampus, nggak apa-apa, yang penting jadi guru yang bisa mendidik dengan baik, biar generasi-generasi muda Indonesia bisa selamat dari buta huruf, bisa cerdas, terdidik & ga kalah sama orang luar negeri sana #cieee hihiyyyy. Dari beliau juga, saya sadar kalau belajar tanpa terpaksa itu sangat menyenangkan sekali, bukan jadi sesuatu yang membebani. Ya Allah, saya mau jadi guru yang seperti itu. Aamiin! O:-)


bapak, 
tolong doakan saya sukses 
juga supaya bisa bertemu bapak :')

No comments: