Saturday 8 November 2008

Hati-hati Banyak Ngemil!

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Gawat ga sih kalau aku jadi kedoyanan banget sama R*c***s* N****i? (sori disensor, soalnya ga enak aja sih ^^i) Soalnya, bisa aja kan rasa enak itu berasal dari penguat rasa mononatrium glutamat/monosodium glutamat. Itu bahan kimia yang biasa terkandung dalam makanan ringan, yang (kata orang) bisa bikin otak bodoh. Hmm aku rasa sih memang bener, soalnya neurotransmiter (penghantar saraf) di otak itu bakal terganggu kerjanya gara-gara zat ini, otomatis kemampuan otak kita dalam berpikir bisa payah. Yah walau dari segi kehalalannya insya Allah bisa dipercaya. Ada label halalnya MUI koq =)

Walau enak, jangan sampai kebanyakan ngemil ya. Selain kalori dari snack/makanan itu besar, kalau ga dibarengi aktivitas (baca: malasss bergerak) bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes mellitus.

HATI-HATI! (O_o)

Karena dalam darah di tubuh kita akan mengandung banyak banget glukosa, sehingga hormon insulin yang tugasnya menyimpan glukosa tersebut ke dalam otot dll, akan 'kelelahan' (Kebayang donk kalau orang lelah & capai buanget lagi lari marathon, yang kalau ga istirahat, bisa-bisa pingsan!). Nah, maka bisa rusaklah sel-sel penghasil insulin itu. Dan jadilah Diabetes Mellitus yang akan membuat kita harus mengeluarkan biaya besar untuk berobat, supaya bisa sembuh. Jangan salah lho! Diabetes itu bisa menyebabkan kematian!

Sayangi tubuh kita ya. Bersyukurlah kita diberi hidup sehat oleh Allah SWT. Karena kalau kita sakit, kita ga bisa beraktivitas dengan lancar seperti sekarang ini. Ga bisa beribadah & mengumpulkan pahala lagi dech!

Hidup tubuh sehat! \(^_^)/

No comments: